Follow My Twitter

Selasa, 12 Februari 2013

malam minggu miko




Apa Yang Menarik Dari Malam Minggu Miko?

Mungkin yang suka ngikutin Twitter atau blognya Raditya Dika, udah pada gak asing sama film pendek yang dibuat do'i yang awalnya cuman untuk iseng-iseng di upload di youtube. Ya, malam minggu Miko. Sebuah projek iseng yang sekarang udah ada di Kompas tv itu menurut gue adalah sebuah film pendek yang paling gokil. Gue udah banyak liat film pendek Indonesia di youtube yang gokil, tapi nyatanya gak separah dan seterencana Malam Minggu Miko buatan Raditya Dika dan kawan-kawan ini. Gara-gara Malam Minggu Miko, gue jadi punya tontonan wajib setiap senin malem jam delapan. Gue sampe bisa nunda mandi gara-gara Malam Minggu Miko ini. Nah, apa sih yang buat tuh film pendek menarik?

1.Penentuan Judul & Tema
Judul yang pas dimana Raditya Dika memilih Malam Minggu sebagai fondasi awal menurut gue penting. Ya, malem apalagi coba yang banyak di inget mayoritas orang. Pilihannya cuman dua, malem jumat sama malem minggu. Kalau Raditya Dika ngambil malem jumat, gue yakin pasti jadinya horor dan dikhawatirkan akan menunjukkan keerotisan paha beserta dada Raditya Dika, kan bahaya tuh buat kesehatan penonton. Tema Malam Minggu yang gokil yang selalu dilewati Miko, Rian dan pembantunya Anca menjadikan film pendek ini punya sesuatu yang berkarakter.

2. Akting
Kalau ini sih tergantung penonton. Tapi menurut gue, akting yang gak kayak akting buat Malam Minggu Miko semakin ciamik. Kita bisa dengan mudah ngerti maksud dari scriptnya dengan cuman liat ekspresi-ekspresi dari tiga tokoh utama itu. Semua berasa tersampaikan dengan mulus. Emang sih ada beberapa momen yang agak kurang, tapi overall tetep ngena. Aktingnya menurut gue bisa menyampaikan ke penonton dengan jelas gimana karakter setiap tokohnya.

3. Tokoh Yang Berkarakter.
Ada tiga tokoh utama di Malam Minggu yang menurut gue mereka berkarakter. Miko, Rian dan pembantunya Anca ini sebenernya sama-sama bego tapi cuman di momen-momen tertentu. Tokoh Miko bisa dibilang rada polos dan rada bego. Setiap pengen nembak cewek, si Miko pasti minta saran Rian. Nah, inilah fungsinya si Rian. Dia tokoh yang "agak" lebih pinter dari Miko, tapi semua sarannya dan apa yang dilakuinnya sebenernya gak ada yang beres juga. Terakhir pembantu si Mas Anca, di liat dari aktingnya, udah jelas dia pembantu yang polos abis tapi setia banget sama majikan. Ada lagi tokoh tambahan berupa kucing yang bernama Morganissa sih, tapi itu cuman tambahan. Tapi sumpah tuh kucing lucu banget dah.

4. Pemilihan Kalimat.
Salah satu bumbu yang buat Malam Minggu Miko menarik adalah pemilihan kalimat yang menurut gue kebanyakan merupakan kebalikan dari fakta yang sebenarnya. Contoh ada episode dimana si Rian ngomong: "Gue sih gak masalah karena Miko itu emang banyak kelebihannya, kayak.... emm, kayak.. Nelen panadol gak pake air itu kelebihan bukan?", terkadang kalimat ambigu juga di selipin kayak omongan mas Anca: "Mumpung di Jakarta, saya yakin saya bakal banyak ketemu orang besar, yang biasa saya liat di tipi, kayak Mbak Julia Perez," pilihan-pilihan kalimat gitu banyak kita temui di malam minggu Miko dan semuanya menurut gue gak garing.

5. Cutaway
Flashback atau kilas balik sebuah cerita adalah unsur yang paling banyak ada di Malam Minggu Miko. Menuru gue menyelipkan sebuah flashback sekilas di film pendek adalah ide yang pintar. Gak banyak orang yang menyelipkan flashback di film pendek buatannya. Contoh waktu si Miko ngomong sama Rian:

"Yan, sebenernya gue punya firasat buruk deh, itu kan mobil gue mogok, tadi pagi bulu mata gue rontok tiga."

"Kenapa sih labil banget..."

"Bukannya labil, tapi kan, gue punya firasat buruk aja entar kalo gue nembak Sasha kalo gue liat mukanya terus gerogi gimana?"

"Kita kan udah latihan kursus ngajak ngobrol Sasha, gimana..."

Terus setelah conversation itu ada flashback si Miko latihan ngobrol sama Sasha lewat foto Sasha yang di tempel di buah pepaya. flashback kayak gitu salah satu unsur yang gue suka di Malam Minggu Miko.

6. Tokoh Cewek.
Satu lagi yang buat Malam Minggu Miko gak ngebosenin dan itu khusus buat cowok adalah ceweknya selalu ganti-ganti di tiap episodenya. Dan bahkan sekarang kalo gak salah gue liat di twitt-nya Raditya Dika, dia lagi nyari pemain cewek yang good looking buat Malam Minggu Miko ini. Ya, ceweknya bening-bening banget dah.

7. Kejadian Yang Saling Terhubung.
Yang gue salut di film pendek yang cuman berdurasi 9-12 menitan, tim scriptwritingnya selalu sukses menghubungkan dua bahkan lebih kejadian dalam satu episode tapi tetap bermuara pada tema intinya. Contoh, dimana ada episode si Miko abis beli banyak baju bola karena bokap ceweknya suka bola. Pada saat itu si Miko memutuskan pake baju Liverpool. Pas jalan sama Rian, mereka ngelewatin kawasan 3 in 1. Jadinya mereka cari joki dulu. Joki udah ketemu sialnya si Joki mabuk darat, terus minum obat pemberian Miko tapi si Joki minum obatnya overdosis jadi ketiduran di mobil. Gak sempet nurunin si Joki karena udah mepet ke tempat si gebetan, jadinya si Miko sama Rian gantiin baju si Joki yang udah bau sama kaos bola Manchester United. Pas sampe di rumah gebetannya itu, ternyata si bokap gebetan fansnya Manchester United dimana itu adalah klub musuh bebuyutannya Liverpool, baju yang di pake Miko. Sejak saat itu, si joki itulah dikira si Miko sama bokap gebetannya Miko.

Ketujuh poin di atas menurut gue merupakan faktor-faktor yang ngebuat film pendek Malam Minggu Miko yang dibuat Raditya Dika cs jadi sebuah film pendek bergenre komedi yang gak ngebosenin. Kekuatan akting dan script yang disajikan dalam 9 sampai 12 menit bener-bener negbuat tuh film pendek punya karakter yang kuat yang bisa buat orang ketagihan. Buat yang belum tau (rasanya udah pada tau semua) bisa dilihat di saluran tipi lokal yang ada kompasnya setiap senin jam 8 malem, di youtube juga ada di upload beberapa hari setelah ditayangin di tipi sama akun Raditya Dika (gak tau yang upload beneran Raditya Dika langsung apa bukan). Setidaknya Malam Minggu Miko itu ngajarin gue, selama lo punya kreatifitas yang positif, lo bisa hidup men!! Dari sebuah projek iseng, Malam Minggu Miko jadi sebuah tontonan yang disaksikan oleh berjuta pasang mata.




Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

This Blog Dofollow

Twitter

Free SmS