Follow My Twitter

Jumat, 25 Mei 2012

Berniat Nonton Euro 2012? Ini Hal-hal yang Tak Boleh Anda Lakukan

FOTO:AFP/Miguel Riopa  Warsawa - Anda berniat untuk menyaksikan Piala Eropa di Polandia-Ukraina? Mungkin ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan di sana.

Belasan hari sebelum digelarnya Piala Eropa 2012, panitia penyelenggara telah menerbitkan segala peraturan yang harus ditaati para suporter selama berada dalam stadion.

Pertama, panitia melarang membawa benda yang sekiranya dapat mengancam keamanan suporter lain. Antara lain adalah bahan peledak, senjata api dan besi, polutan partikulat, zat yang mudah terbakar atau beracun, dan semua benda lain yang dapat digunakan sebagai senjata.

Payung, botol dan barang pecah belah lainnya, logam atau plastik kemasan, minuman beralkohol, stimulator, narkotika juga termasuk ke dalam daftar barang yang dilarang. Selain itu, benda-benda yang dapat menimbulkan kesan rasis, xenophobia, propaganda politik atau agama tidak akan diizinkan masuk stadion selama Piala Eropa diselenggarakan.

Perlengkapan fotografi, peralatan audio, lampu laser, tas besar dan ransel juga dilarang. Suporter yang membawa spanduk untuk mendukung tim kesayangan mereka akan mendapat perhatian khusus.

Suporter diperbolehkan membawa bendera dan spanduk yang melebihi ukuran 2x1, 5 meter, jika telah mendapatkan izin langsung dari UEFA dan harus melapor kepada panitia satu hari sebelum pertandingan berlangsung. Jika tidak, spanduk atau bendera akan disita pihak keamanan.

Selanjutnya, panitia penyelenggara juga melarang membawa helm, bangku, kursi lipat, kotak dan benda-benda besar lain yang melebihi ukuran 25x25x25 cm dan tidak dapat diletakkan di bawah kursi penonton.

Vuvuzela--alat tiup khas Afrika Selatan yang suaranya sangat keras dan menjadi simbol Piala Dunia 2010 lalu--juga dilarang. Larangan juga diberlakukan terhadap pengeras suara, klakson, dan terompet. Selain itu, iklan dan produk komersial juga tidak diperbolehkan.

Para suporter juga dilarang merokok saat berada dalam stadion, meski mereka masih diperbolehkan untuk membawa korek api.

Peraturan lain adalah anak di bawah usia 14 tahun hanya diizinkan menonton pertandingan jika disertai oleh orang dewasa.

Pada saat yang sama, panitia juga menekankan jika terdapat suporter membawa benda yang mencurigakan tetapi tidak tercantum dalam peraturan yang telah dibuat, maka pihak keamanan mempunyai otoritas khusus untuk memperbolehkan masuk atau tidak


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

This Blog Dofollow

Twitter

Free SmS